Profil Komunitas Seni Nan Tumpah


Profil Komunitas Seni Nan Tumpah


Komunitas Seni Nan Tumpah (KSNT) adalah lembaga seni budaya independen yang berdiri di Padang pada tahun 2010. Bergerak di bidang seni pertunjukan tradisi maupun modern/kontemporer (teater/randai, tari, musik), seni rupa, seni media baru, sastra/literasi, kajian seni budaya, serta mengelola Ruang Baca Masyarakat di sekretariatnya di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat. KSNT merancang program seni budaya yang berkelanjutan untuk mengaplikasikan kerja tata kelola seni dalam bentuk produksi seni pertunjukan, produksi album musikalisasi puisi, diskusi, pelatihan, pameran dan penerbitan beberapa karya tulis dan buku-buku sastra.

Program rutin KSNT meliputi program Nan Tumpah Akhir Pekan yang diselenggarakan setiap Sabtu dan Minggu dalam bentuk nonton bareng dan diskusi; program empat bulanan Ke Rumah Nan Tumpah yang diselenggarakan bersama masyarakat di sekitar sekretariatnya, Korong Kasai, Kasang, Padangpariaman; program tahunan Nan Tumpah Masuk Sekolah  yang rutin terselenggara sejak tahun 2011 dalam bentuk pelatihan dan pertunjukan di sekolah-sekolah menengah di Sumatera Barat; dan program festival seni dua tahunan Pekan Nan Tumpah yang telah terselenggara sejak 2011.

Dalam sembilan tahun perjalanannya, komunitas seni yang didirikan oleh Mahatma Muhammad, Halvika Padma, dan Yosefintia Sinta ini tercatat sebagai Komunitas Seni terproduktif dalam menghasilkan karya seni pertunjukan di Sumatera Barat. Sejak tahun 2010, komunitas ini telah memproduksi 36 karya seni pertunjukan dan menyelenggarakan puluhan kegiatan/karya pertunjukan di ruang publik yang bekerjasama dengan lintas komunitas/instansi. []

Post a Comment

0 Comments