Komunitas Seni Nan Tumpah Luncurkan Program Tahun 2021



Komunitas Seni Nan Tumpah Luncurkan Program Tahun 2021


PADA 24 JANUARI 2021, pukul 20.00 WIB, Komunitas Seni Nan Tumpah (KSNT) meluncurkan program kegiatan untuk tahun 2021. Peluncuran program yang dilaksanakan di sekretariat KSNT, di Korong Kasai, Padang Pariaman ini dihadiri oleh beberapa anggota dan pengurus KSNT dan dilakukan secara daring.

“Kami sengaja melakukan peluncuran program yang dihadiri oleh internal KSNT saja dan selebihnya dilakukan secara daring karena masih berusaha untuk tidak menciptakan keramaian,” tutur Syukri Ananda, Manajer Kerumahtanggaan KSNT yang juga bertindak sebagai koordinator kegiatan tersebut.

Ada lima program yang diluncurkan pada malam itu, di antaranya Penerimaan Anggota Baru, Ke Rumah Nan Tumpah, Nan Tumpah Masuk Sekolah, Nan Tumpah Akhir Pekan, dan Pekan Nan Tumpah 2021. 

“Seluruh program yang diluncurkan barusan sebenarnya adalah program-program rutin yang biasanya juga dilaksanakan secara berkala di tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja ada beberapa perubahan dan penyesuaian untuk situasi dan kebutuhan di tahun ini,” jelas Syukri. “Misalnya, untuk Penerimaan Anggota Baru, biasanya KSNT membuka penerimaan di awal tahun, tapi untuk tahun ini dilaksanakan di pertengahan tahun, tepatnya di bulan Juli 2021. Selain itu, Nan Tumpah Masuk Sekolah yang biasanya dilaksanakan dengan mengunjungi sekolah-sekolah, kini dilaksanakan via siaran langsung di kanal Youtube KSNT.”




Mahatma Muhammad, Direktur KSNT, juga menambahkan bahwa Nan Tumpah Masuk Sekolah (NTMS) adalah program yang sudah digagas KSNT sejak tahun 2011. NTMS dilaksanakan dengan mengunjungi sekolah-sekolah untuk menampilkan pertunjukan teater dan memberikan pelatihan teater di sekolah yang dikunjungi tersebut. Sampai dengan tahun 2019, sudah lebih dari 20 (dua puluh) sekolah di Sumatera Barat yang sudah dikunjungi KSNT. Namun, menimbang situasi pandemi Covid yang belum usai, NTMS tahun ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada Mei 2021.

Ke Rumah Nan Tumpah adalah program yang digagas KSNT sejak 2017. Di dalam program ini, KSNT mengundang beberapa kelompok kesenian di Sumatera Barat untuk menampilkan karya mereka di sekretariat KSNT. Selain itu, di dalam program ini juga ada pelatihan seni khusus untuk anak-anak dan remaja yang tinggal di sekitar sekretariat KSNT. Ke Rumah Nan Tumpah akan diselenggarakan sebanyak tiga kali di tahun ini, yaitu pada Februari, Juni, dan Oktober 2021. Sedangkan Nan Tumpah Akhir Pekan adalah program yang dimaksudkan untuk membangun ruang silaturahmi dengan berbagai komunitas lintas disiplin dengan cara menyelenggarakan kegiatan yang digagas bersama untuk dilaksanakan di sekretariat KSNT. Kegiatan ini diselenggarakan setiap Sabtu dan/atau Minggu. 

Sementara itu, salah satu program andalan KSNT, yaitu Pekan Nan Tumpah, akan diselenggarakan pada 3-9 Oktober 2021. Tenku Raja Ganesha, Ketua Pekan Nan Tumpah 2021, mengatakan bahwa festival seni dwitahunan yang sudah digagas KSNT sejak 2011 ini diselenggarakan dengan mengambil momen ulang tahun KSNT yang ke-11. Pekan Nan Tumpah akan diselenggarakan selama 7 (tujuh) hari dengan mengundang 2 (dua) kelompok teater, 2 (dua) kelompok tari, 2 (dua) kelompok musik, dan beberapa orang perupa. Selain itu, pada tahun ini, di dalam Pekan Nan Tumpah juga akan ada penerbitan buku antologi puisi. 

“Selain beberapa program yang sudah disebutkan di atas, masih ada dua program lagi, yaitu produksi film dan produksi album musik puisi, namun masih perlu pembahasan lebih lanjut. Tunggu saja, semoga bisa kami informasikan secepatnya,” tutup Syukri. 


------------------------

Poster Program Komunitas Seni Nan Tumpah 2021 bisa diunduh di tautan di bawah ini:


Poster Program Komunitas Seni Nan Tumpah 2021

Post a Comment

0 Comments