Latihan Dasar Komunitas Seni Nan Tumpah Dimulai Hari ini





Latihan Dasar Komunitas Seni Nan Tumpah 2019 Dimulai Hari Ini 


SETELAH MEMBUKA penerimaan anggota baru Komunitas Seni Nan Tumpah (KSNT) secara daring pada 7 sampai dengan 21 Januari 2019 dan kemudian disusul melakukan tahap penjaringan wawancara terhadap pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi pada 23 Januari 2019 di Nan Tumpah Arena, Sekretariat Komunitas Seni Nan Tumpah, hari ini, 25 Januari 2019, Komunitas Seni Nan Tumpah akan menggelar latihan dasar.

Latihan Dasar Komunitas Seni Nan Tumpah (LDKSNT) merupakan salah satu agenda rutin KSNT yang diselenggarakan setiap awal program kerja tahunan. Latihan dasar ini diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan dasar pelbagai bidang seni bagi anggota calon anggota maupun anggota.

Syukri Ananda, Ketua Latihan Dasar Komunitas Seni Nan Tumpah 2019, menuturkan, “Di latihan dasar KSNT tahun ini akan ada pelatihan dasar pelbagai bidang, di antaranya: pelatihan menulis cerpen, pelatihan penyutradaraan teater, praktek dasar-dasar keaktoran, pelatihan ilustrasi musik, pelatihan seni media, pelatihan koreografi, pelatihan ilustrasi, pelatihan manajemen produksi, pelatihan digital marketing, pelatihan tata rias, pelatihan tata busana, dan ditutup dengan penampilan hasil pelatihan-pelatihan tersebut.”

Lebih lanjut, Syukri Ananda juga menerangkan bahwa para pemateri yang dihadirkan dalam agenda kali ini tidak hanya berasal dari anggota dan/atau pengurus KSNT, namun juga dari para pegiat yang bukan bagian dari anggota KSNT, di antaranya: Ali Sukri untuk materi koreografi, Rijal Tanmenan untuk materi ilustrasi musik, Ijul “Streettog” untuk materi seni media, Agung “Modjo” Atmaja untuk materi ilustrasi, Muhammad Ikhwan untuk materi manajemen produksi, Kurniadi Ilham untuk materi digital marketing, dan Astari Ayuni untuk materi tata busana.

Sementara itu, Bendahara sekaligus Manajer Produksi KSNT, Desi Fitriana turut menjelaskan bahwa pembekalan yang dilakukan di latihan dasar ini juga sebagai langkah awal untuk pelaksanaan program KSNT di tahun ini.

“Seperti yang sudah pernah kami publikasikan, KSNT sudah menyusun agenda dan program yang cukup padat untuk beberapa bulan ke depan. Nyaris setiap bulan sudah ada program-program yang menanti untuk diselenggarakan, sebab itu KSNT merasa perlu untuk memberikan pembekalan awal. Agar nantinya, akan lebih memudahkan dalam penyusunan tim yang terlibat di dalam program. Karena di dalam latihan dasar ini, saya selaku bendahara dan manajer produksi juga akan memperhatikan potensi dari masing-masing anggota dan akan menempatkannya di dalam pelaksanaan program berdasarkan dari hasil pengamatan saya tersebut dan tentu saja didukung oleh beberapa pertimbangan lain."


Latihan Dasar Kesembilan
Latihan Dasar Komunitas Seni Nan Tumpah sudah diselenggarakan sejak awal komunitas ini berdiri pada 2010 dan pada tahun ini merupakan penyelenggaraan kesembilan. Program kerja KSNT setiap tahunnya selalu dibuka dengan penerimaan anggota baru. KSNT menyelenggarakan penerimaan anggota selain karena hal-hal yang sudah disebutkan di atas juga untuk regenerasi dan penguatan manajemen di tubuh KSNT sebagai lembaga seni budaya yang independen.

Sejak pertama kali memulai kegiatan di akhir tahun 2009, sudah lebih dari 250 (dua ratus lima puluh) orang yang bergiat di Komunitas yang semula bernama Teater Nan Tumpah ini. Pengalaman dan proses pembelajaran manajemen di KSNT faktanya tidak hanya digunakan dan diterapkan anggota yang sempat tergabung bersama KSNT di dunia seni budaya seperti seniman, sastrawan, penulis atau pegiat literasi dan seni budaya lainnya. Banyak anggota KSNT yang turun ke masyarakatnya dengan pilihan beragam profesi seperti jurnalis, dosen, guru, pegawai bank, pedagang atau wirausahawan, dll, di mana anggota sempat bergabung tersebut mengakui capaian-capaian di dunia kerja tersebut terbantu oleh pengalaman selama berkegiatan di KSNT.

Ivan Harley, salah seorang anggota KSNT, yang sudah bergabung di KSNT sejak tahun 2011 dan telah mengikuti beberapa kali latihan dasar menyebutkan bahwa selain mendapatkan pembekalan dasar-dasar bidang seni yang ada di KSNT, ia juga mendapatkan banyak hal yang membuatnya betah bertahan di KSNT.

“Selama mengikuti latihan dasar, saya juga memperoleh pengalaman untuk bagaimana menjalin keakraban dengan kawan-kawan yang baru bergabung dan pengalaman mengalami proses bekerja dalam tim. Sebab itu, bagi saya, itulah alasan mengapa latihan dasar perlu dilakukan setiap tahun, karena setiap tahunnya selalu ada orang-orang yang baru bergabung dan bersama orang-orang itulah program KSNT akan diselenggarakan.”

Latihan dasar KSNT 2019 akan diselenggarakan dalam tiga hari dan dibagi ke dalam beberapa sesi pelatihan. Berikut adalah jadwal latihan dasar KSNT 2019:

25 Januari 2019
Pembukaan

Pelatihan Menulis Cerpen bersama Karta Kusumah

Pelatihan Penyutradaraan Teater bersama Mahatma Muhammad


26 Januari 2019
Pelatihan Dasar-dasar Keaktoran (I) bersama Tenku Raja, Ismail Idola, Halvika Padma, dan Yunisa Dwiranda

Pelatihan Ilustrasi Musik bersama Rijal Tanmenan

Pelatihan Koreografi bersama Ali Sukri

Pelatihan Seni Media bersama Ijul “Streetog”

Pelatihan Ilustrasi bersama Agung “Modjo” Atmaja

Pelatihan Manajemen Produksi bersama Yunisa Dwiranda dan Muhammad Ikhwan

Pelatihan Digital Marketing bersama Kurniadi Ilham


27 Januari 2019
Pelatihan Dasar-dasar Keaktoran (II) bersama Ivan Harley, Fajry Chaniago, Ismail Idola dan Halvika Padma

Pelatihan Tata Rias dan Busana bersama Astari Ayuni dan Desi Fitriana.

Penampilan Hasil Pelatihan oleh Peserta

Evaluasi

Penutupan


Post a Comment

0 Comments