Komunitas Seni Nan Tumpah Buka Penerimaan Anggota Baru Sampai 3 Mei 2024

 


Komunitas Seni Nan Tumpah Buka Penerimaan Anggota Baru Sampai 3 Mei 2024

Komunitas Seni Nan Tumpah (KSNT) kembali membuka penerimaan anggota baru. Agenda tahunan yang sudah diselenggarakan KSNT sejak tahun 2011 ini akan dibuka sampai dengan 3 Mei 2024. Nur Miftah Farhanah, Ketua Pelaksana Penerimaan Anggota Baru ini, mengatakan, “Penerimaan Anggota Baru ini dibuka sejak pengumuman ini dipublikasikan sampai dengan 3 Mei 2024.”

Lebih lanjut Farhanah menjelaskan bahwa penerimaan anggota baru ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi siapapun dari berbagai latar belakang dan usia untuk bisa sama-sama belajar tentang seni dan tata kelola seni di KSNT. Sejak KSNT berdiri pada 2010, terhitung sudah ratusan orang yang terlibat dalam berbagai aktifitas seni dan budaya yang diselenggarakan KSNT. Sebagian dari mereka adalah orang-orang yang terjaring dari penerimaan anggota baru ini.

Penerimaan anggota baru ini juga bertujuan agar regenerasi orang-orang yang mengelola KSNT terus ada sebab di KSNT kepengurusan terus berganti setiap 3 (tiga) tahun sekali. Regenerasi ini menjadi penting sebab KSNT tidak dimiliki dan/atau dikelola oleh satu keluarga tertentu, namun oleh orang-orang yang menjadi anggota KSNT.

Setelah penerimaan anggota baru ditutup, para pendaftar nantinya akan mengikuti Latihan Dasar Nan Tumpah (LDNT). Agenda yang akan diselenggarakan pada 9-11 Mei 2024 ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dasar tentang beberapa bidang dan/atau aktifitas seni yang ada di KSNT. Selain itu, juga para calon anggota bisa mendapatkan gambaran awal tentang bagaimana proses kreatif yang berlangsung di KSNT.

Farhanah menambahkan, “Proses ini juga penting untuk adaptasi dan pendekatan antara calon anggota baru dengan anggota dan pengurus. Berdasarkan pengalaman saya sebagai peserta LDNT, momen ini adalah salah satu momen yang membuat saya bertahan di KSNT. Banyak hal yang saya dapatkan di sini.”

Beberapa materi yang akan diberikan pada LDNT di antaranya; Penulisan Naskah Lakon dan Resensi/Liputan Budaya, Tata Kelola Seni, Seni Instalasi, Skenografi, Dramaturgi dan Penyutradaraan, Ilustrasi Musik Pertunjukan, Dasar-dasar Tari dan Koreografi), Dasar-dasar Seni Rupa, dan Seni Media. “Bagi teman-teman yang ingin bergabung dengan KSNT, silakan klik tautan ini: Formulir Pendaftaran Anggota Baru Komunitas Seni Nan Tumpah ,” tutup Farhanah.


Post a Comment

0 Comments