Daftarkan Sekolahmu sebagai Sekolah Tujuan NTMS 2019

Daftarkan Sekolahmu sebagai Sekolah Tujuan NTMS 2019

Pada tahun ini, kami mengundang perwakilan/pihak sekolah yang berdomisili di Sumatera Barat, khususnya di Pariaman, Padangpariaman, Batusangkar, dan Padang, untuk menjadi sekolah tujuan Nan Tumpah Masuk Sekolah (NTMS) 2019. Sekolah yang terpilih akan kami kunjungi pada 25-27 April 2019 untuk penyelenggaraan pementasan "Simulasi Bencana Pendidikan", naskah/sutradara Fajry Chaniago, dan pelatihan seni pertunjukan tanpa dipungut biaya.

Pendaftaran sekolah tujuan NTMS 2019 dibuka sejak pengumuman ini dipublikasikan dan ditutup pada 23 Februari 2019. Pendaftaran dapat dilakukan secara daring (online) di tautan yang ada di bawah maupun luring (offline) dengan cara mengunduh berkas yang ada di tautan di bawah dan mengirimkan kembali formulir yang telah diisi ke [email protected] Sekolah tujuan NTMS 2019 yang terpilih akan diumumkan pada 28 Februari 2019 melalui website dan media sosial Komunitas Seni Nan Tumpah, serta melalui surel atau nomor ponsel pendaftar.


NAN TUMPAH MASUK SEKOLAH (NTMS) adalah program tahunan yang dilaksanakan oleh Komunitas Seni Nan Tumpah (KSNT) sejak tahun 2011. Bentuk kegiatan dari program ini berupa pelatihan seni pertunjukan yang diikuti oleh siswa sekolah terpilih dan produksi seni pertunjukan dari KSNT yang dibawa dan dipentaskan langsung di sekolah-sekolah menengah yang ada di Provinsi Sumatera Barat. NTMS digagas KSNT dengan tujuan memberikan pengetahuan dasar seni pertunjukan serta membangun apresiasi, iklim berkesenian, menjaring publik penonton baru dari kalangan muda usia, dan memperkuat karakter siswa.

Penyelenggaraan Nan Tumpah Masuk Sekolah (NTMS) pada tahun 2011 sampai dengan tahun 2013 diawali dengan "Gerakan Menonton Teater Lebih Baik Daripada Menonton Sinetron". KSNT bekerjasama dan berkunjung ke beberapa SMA di kota Padang, seperti SMA Ekasakti Padang, SMA Pertiwi 1 Padang, SMA Negeri 2 Padang, SMA Adabiah 2 Padang serta SMA Negeri 3 Padang. Program NTMS kemudian bergerak ke Kabupaten Padangpariaman pada tahun 2014, dengan menyelenggarakan pelatihan dan membawa pertunjukan ke SMA Plus INS Kayutanam, SMA Negeri 1 Lubuk Alung, SMK Negeri 1 Enam Lingkung serta SMA YDB Lubuk Alung.

Pertunjukan teater KSNT di SMA N 1 Lubuk Alung pada program NTMS 2014


Selanjutnya, pada penyelenggaraan di tahun 2015 sampai dengan 2018, KSNT konsisten membawa isu utama soal pendidikan di Indonesia dan tekanan lingkungan masalah siswa di sekolah menengah. KSNT menyadari telah terjadi pergeseran kegemaran siswa terhadap televisi yang kini digantikan oleh pesona teknologi informasi dan internet, sebab itu, “Gerakan Menonton Teater Lebih Baik daripada Sinetron” beralih kepada isu-isu yang berhubungan dengan dampak negatif penggunaan internet dan ponsel yang tidak tepat guna dengan membawa program NTMS ke beberapa sekolah yang terdapat di Kota Padangpanjang dan Kota Payakumbuh. Sampai dengan penyelenggaraan ke-8 di tahun 2018, KSNT telah membawa program NTMS ke 22 (dua puluh dua) sekolah menengah yang ada di Sumatera Barat.

Pelatihan seni pertunjukan di SMA Ekasakti Padang pada program NTMS 2012


Dampak dari penyelenggaraan NTMS selama delapan tahun ini, telah berhasil mendorong beberapa pihak sekolah; baik guru, pejabat sekolah, maupun siswa untuk menciptakan bengkel/sanggar seni siswa di sekolah sebagai aktifitas pendamping dari proses belajar mengajar yang ada.

Kerangka Acuan Kerja Nan Tumpah Masuk Sekolah 2019, bisa diunduh di bawah ini:


Formulir Pendaftaran Sekolah Tujuan Nan Tumpah Masuk Sekolah 2019 bisa diisi secara daring di tautan berikut:



atau diunduh di sini:

Post a Comment

0 Comments