Pertunjukan dan Diskusi Proses Kreatif Teater Jalan Tua di Nan Tumpah Akhir Pekan


Pertunjukan dan Diskusi Proses Kreatif
Teater Jalan Tua di Nan Tumpah Akhir Pekan 


KOMUNITAS SENI NAN TUMPAH (KSNT) kembali menggelar program Nan Tumpah Akhir Pekan pada akhir Juli ini. Program yang akan diselenggarakan pada 20 Juli 2019, pukul 20.00 WIB, di Nan Tumpah Arena, Sekretariat Komunitas Seni Nan Tumpah ini, menghadirkan Sanggar Dayung-dayung yang membawa pertunjukan Jalan Tua, naskah dan sutradara Muhammad Ibrahim Ilyas. Seusai pertunjukan, akan digelar diskusi proses kreatif pertunjukan tersebut bersama Yunisa Dwiranda, Syarifuddin Arifin, dan Yudhistira Alin, yang bertindak sebagai pemantik diskusi dan Fajry Chaniago sebagai moderator.

Pertunjukan teater Jalan Tua, naskah/sutradara Muhammad Ibrahim Ilyas, dipersiapkan oleh Sanggar Dayung-dayung sebagai salah satu karya di dalam rangkaian kegiatan Berdayung Sampai Batas: Mengenang A. Alin De di 40 Tahun Sanggar Dayung-dayung yang rencananya akan diselenggarakan di Gedung Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat pada Jumat, 16 Agustus 2019 mendatang. Selain pertunjukan teater, rencananya kegiatan tersebut juga diisi dengan pameran seni rupa, pertunjukan puisi, peluncuran buku, konser musikalisasi puisi, orasi budaya dan diskusi proses kreatif Sanggar Dayung-dayung.


Penulis naskah sekaligus sutradara pertunjukan menuturkan, “Pertunjukan teater ini menyoroti perjalanan hidup manusia, sebagai individu dan sebagai bagian dari kelompok sosial, dalam garis horisontal dan vertikal.” Pria yang biasa disapa Bram ini menerangkan bahwa proses penciptaan pertunjukan ini sudah dilakukan sejak Mei 2019 di sekretariat Sanggar Dayung-dayung, komplek INS Kayutanam. Selain dipentaskan di Nan Tumpah Arena dan di Gedung Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, Jalan Tua juga akan dipentaskan dalam beberapa kesempatan lain, di antaranya: di INS Kayutanam pada 3 Agustus 2019, di ISI Padangpanjang pada 22 Agustus 2019, di Festival Teater Islam Dunia 2019, Pekanbaru pada 23 -25 Agustus dan di Bengkulu pada Oktober 2019.

Pertunjukan ini didukung oleh Yudhistira Alin sebagai penata musik, Jamal Djainan sebagai penata suara, Mak Ye sebagai penata cahaya, Rizal Buyung sebagai penata artistik, Yenni Ibrahim sebagai stage manager, serta beberapa aktor, yaitu Erlina Ernawati, Fatliwati, Anita Arifin, Zul Hamidi Jun, dan Rizal Buyung.

Poster Kegiatan Diskusi Proses Kreatif
Pertunjukan Teater Jalan Tua

“Dengan diselenggarakannya pertunjukan dan diskusi proses kreatif teater Jalan Tua di program Nan Tumpah Akhir Pekan, saya berharap mendapatkan masukan-masukan dan kritik untuk memperkaya proses kreatif pertunjukan teater ini pada pementasan-pementasan selanjutnya,” tambah Bram.


Nan Tumpah Akhir Pekan

Manajer Produksi KSNT, Desi Fitriana, mengatakan bahwa kegiatan diskusi proses kreatif pertunjukan teater ini bisa terselenggara setelah Sanggar Dayung-dayung, merespon program Nan Tumpah Akhir Pekan setelah mengetahui beberapa kali penyelenggaraan sebelumnya. “Sejak diluncurkan pada Januari lalu, program ini semakin direspon oleh berbagai kalangan, terutama lintas komunitas seni dan budaya di Sumatera Barat”, tukas Desi Fitriana.

Sebagai program baru, Nan Tumpah Akhir Pekan difokuskan KSNT sebagai salah satu jalan untuk membuka ruang temu dan dialog pelaku/komunitas seni budaya dan lintas disiplin bidang. Di dalam Nan Tumpah Akhir Pekan, siapa pun dipersilakan untuk menyelenggarakan kegiatan diskusi, nonton bareng, pelatihan, dll, dengan memanfaatkan ruang dan fasilitas yang ada di Nan Tumpah Arena, Sekretariat Komunitas Seni Nan Tumpah.



Sejak pertama kali diselenggarakan pada Januari 2019 dengan kegiatan Diskusi Dasar-dasar Keaktoran dalam Randai bersama Kelompok Randai Saedar Siti, program ini telah diselenggarakan beberapa kali, di antaranya: Diskusi Seni Peran dalam Randai Bersama Saedar Siti, Pelatihan Dasar-dasar Teater bersama SMA N 7 Padang, Pelatihan Menulis Cerpen, Puisi, dan Berita bersama HIMASHI Unand, Pelatihan Talempong Pacik bersama Rijal Tanmenan, Pelatihan Dendang bersama Hasanawi, Diskusi Proses Kreatif Pertunjukan Teater Simulasi Bencana Pendidikan, Diskusi dan Proses Kreatif Penciptaan Pertunjukan Alam Takambang Jadi Batu, Diskusi dan Proses Kreatif Musik Puisi KSNT, dll.

Selain Nan Tumpah Akhir Pekan, beberapa program lain KSNT yang juga sedang dalam proses persiapan penyelenggaraan adalah Festival Seni Pekan Nan Tumpah 2019 yang akan diselenggarakan pada November 2019 dan Ke Rumah Nan Tumpah yang akan diselenggarakan pada September 2019.

Informasi aktifitas dan kegiatan KSNT, bisa disimak di website ini dan juga media sosial Komunitas Seni Nan Tumpah. []


Post a Comment

0 Comments