Rayakan Usia Kesembilan Tahun, KSNT Selenggarakan Pelatihan Seni Pertunjukan untuk Anak-anak dan Remaja



Rayakan Usia Kesembilan Tahun, KSNT Selenggarakan Pelatihan Seni Pertunjukan untuk Anak-anak dan Remaja

KOMUNITAS SENI NAN TUMPAH (KSNT) akan kembali menyelenggarakan salah satu program unggulannya, Ke Rumah Nan Tumpah, pada 26-27 Oktober 2019 di Sekretariat Komunitas Seni Nan Tumpah, Perumahan Bumi Kasai Permai, Jalan Kalimantan Dalam Blok AA Nomor 31, Korong Kasai, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman. Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, Ke Rumah Nan Tumpah yang keenam ini akan berlangsung selama dua hari dalam bentuk kegiatan pelatihan dan pergelaran seni pertunjukan. Hal ini dilakukan sebagai wujud syukur KSNT atas sembilan tahun usia komunitas seni ini sejak diresmikan Oktober tahun 2009 lalu. 

Menurut Koordinator program Ke Rumah Nan Tumpah, Syukri Ananda, selain untuk beberapa siswa sekolah menengah binaan KSNT, agenda pelatihan seni pertunjukan kali ini diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja di Korong Kasai, Nagari Kasang, di mana sekretariat KSNT berada.

“Gagasan untuk menyelenggarakan pelatihan dan pergelaran seni pertunjukan untuk anak dan remaja ini, adalah karena melihat besarnya antusias anak-anak di sekitar sekretariat setiap Komunitas Seni Nan Tumpah sedang latihan. Mereka juga bertanya kapan mereka bisa diajak latihan. Nah, demi merespon antusiasme mereka, bertepatan dengan usia sembilan tahun KSNT, maka kami adakan khusus program Ke Rumah Nan Tumpah yang memang diperuntukkan untuk mereka,” tutur Syukri.

Pelatihan yang akan diberikan kepada anak-anak dan remaja adalah pelatihan dasar-dasar pemeranan, pelatihan dasar-dasar tari, dan pelatihan dasar-dasar musik. Pelatihan dasar-dasar pemeranan akan diberikan oleh Tenku Raja Ganesha dan Windi Fidia, aktor dari Komunitas Seni Nan Tumpah; pelatihan dasar-dasar tari akan diberikan oleh Deslenda dan Filhamzah, koreografer; sementara pelatihan dasar-dasar musik akan diberikan oleh Rijal Tanmenan, seorang pegiat musik etnik. Pelatihan ini akan berlangsung dari hari Sabtu, pukul 14.00 WIB sampai dengan Minggu, pukul 18.00 WIB. Selama dua hari, para peserta akan menjalani pelatihan di sekretariat Komunitas Seni Nan Tumpah dan dipersiapkan untuk sebuah pertunjukan singkat masing-masing materi seni yang dipentaskan pada hari Minggu, 27 Oktober 2019, pukul 20.00 WIB.

Para Pemateri Pelatihan Seni Pertunjukan


Pergelaran Seni Pertunjukan

Selain pertunjukan singkat hasil pelatihan, KSNT akan menutup rangkaian kegiatan Ke Rumah Nan Tumpah pada hari Minggu di sekretariatnya dengan pertunjukan dari beberapa kelompok. KSNT mengundang secara khusus Komunitas Tari Galang dan Sanggar Cahyo Bundo untuk menampilkan karya tari kreasi berbasis tradisi. Juga akan tampil dua kelompok musik puisi dari SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 7 Padang yang merupakan kelompok musikalisasi puisi yang dilatih dan pembentukan kelompoknya diinisiasi oleh anggota Komunitas Seni Nan Tumpah.

Para Penampil Seni Pertunjukan


Manajer Produksi Komunitas Seni Nan Tumpah, Desi Fitrana, menjelaskan, Program Ke Rumah Nan Tumpah digagas pada tahun 2017 dan kemudian menjadi agenda rutin KSNT setiap empat bulan sekali. Hingga saat ini, program Ke Rumah Nan Tumpah sudah diselenggarakan sebanyak enam kali. Lebih lanjut, Desi Fitrana juga menerangkan, program Ke Rumah Nan Tumpah kali ini diselenggarakan untuk mempromosikan program dwitahunan KSNT, yakni festival seni Pekan Nan Tumpah 2019.

“Program terbesar KSNT, festival seni Pekan Nan Tumpah akan diselenggarakan pada tanggal 16 s/d 24 November 2019 di Taman Budaya Sumatera Barat serta FBS Universitas Negeri Padang. Oleh karena itu, penyelenggaraan program Ke Rumah Nan Tumpah kali ini akan menjadi momentum untuk mepromosikannya,” tutup perempuan yang akrab dipanggil Ecy ini. []

Post a Comment

0 Comments