Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar dipentaskan di Kaba Festival 2022

 


Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar dipentaskan di Kaba Festival 2022 

Kaba Festival  2022 kembali digelar pada tanggal 1 - 3 November 2022 di Gedung Manti Menuik Ladang Nan Jombang, Balai Baru, Padang. Agenda ini adalah agenda tahunan yang rutin diadakan oleh Nan Jombang  Dance Company di setiap bulan November dengan mengedepankan semangat berproses pada komunitas-komunitas seni. Pada Kaba Festival 2022 ini, Komunitas Seni Nan Tumpah (KSNT) akan mementaskan kembali sebuah pertunjukan teater yang bertajuk Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar.

Setelah sebelumnya pertunjukan yang bertajuk Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar ini ditampilkan pada Festival Teater Sumatera #2 di Palembang dengan menuai banyak apresiasi dari para penonton dan komunitas lainnya, kali ini dengan semangat yang lebih dari pada sebelumnya, KSNT siap untuk  mementaskan lagi Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar.

“Secara konsep, pertunjukan Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar ini tidak  akan jauh berbeda dari pada pertunjukan yang telah dibawakan sebelumnya di Palembang. Namun demikian, ada beberapa hal-hal detail yang tidak sempat dimaksimalkan sebelumnya akan lebih diperkuat lagi. Secara  umum pertunjukan ini bercerita tentang permainan yang buruk dari orang-orang yang menderita gangguan mental pascatrauma. Sekumpulan orang-orang irasional dalam kurungan pandemi berkepanjangan, bullying, kekerasan seksual, beban sosial ekonomi, dan penyakit lain di sekitarnya. Orang-orang yang terus-terusan mereproduksi rasa takut dan frustasi dalam pikiran dan perasaannya sendiri. Orang-orang yang tidak menerima informasi yang sehat dan gagal paham dengan istilah self healing. ini adalah siklus ritual sekaligus sirkus orang-orang yang lepas dari satu peristiwa buruk dan masuk ke peristiwa buruk lainnya. Orang-orang yang tidak kuasa menolak dan keluar dari  kelelahan emosional yang tercerminkan melalui beragam bentuk ekspresi. Healing-healing sebentar, tetap sakit kemudian. Usaha penyembuhan diri dari orang-orang stress, depresi, dan trauma justru dirundung dan jadi objek cemoohan orang-orang lainnya. Menjadi tontonan yang viral di ruang publik virtual. Cara  dan usaha tradisional untuk kesehatan mental gagal dan terpental. Melalui ritual-ritual yang dilakukan aparatur pemerintah, Negara sukses mengamalkan kebijakan publik jenis terbaru yang berdasar pada undang-undang lain sakit lain diobat”, ungkap Mahatma selaku sutradara pertunjukan.

Kemudian Zalmasri, pimpinan produksi menyampaikan bahwa KSNT akan tampil pada tanggal 3 November 2022 pukul 20.30 WIB. Segala persiapan sudah dipersiapkan dengan matang. Ditunggu kehadiran teman-teman di Ladang Tari Manti Menuik pada tanggal 3 November 2022.

Selain pertunjukan dari KSNT, dalam Kaba Festival 2022 nanti juga akan dihadirkan Mendalo Dance Project (Jambi) dan  Nani Topeng Losari (Cirebon) yang akan tampil pada hari pertama (1 November 2022), kemudian pada hari kedua akan ditampilkan pertunjukan dari Taufik Adam (Jakarta) dan Rodrigo Parejo (Spanyol), dan pada hari ketiga aka nada pertunjukan dari KSNT dan Fiza Dance Company (Padang).

Selain akan dipertontonkan di Padang, pertunjukan Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar ini juga akan dibawakan lagi di Istano Silinduang Bulan, Pagaruyung, Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, tutup Fajry Chaniago (Direktur KSNT). []


Post a Comment

0 Comments